-->
Air Terjun Les
Buleleng salah satu wilayah di pulau dewata bali yang memiliki berbagai objek wisata, selain objek wisata pantainya yang populer dampai kemancanegara, buleleng juga menyajikan objek wisata air terjun, ada beberapa objek wisata air terjun di Buleleng salah satunya AirTerjun Gitgit, dan air terjun Les.  
    Air terjun Les ini berada di perbukitan yang menjadi latar belakang air terjun ini sehinggan tampak keindahan alam yang fantastic. Air terjun Les Sering juga disebut Yeh Mampeh atau air terbang, karena air terjun dengan ketinggian 30 meter ini airnya jatuh selaksa terbang sampai permukaan air yang ada di bawahnya. Air terjun ini memiliki air yang jernih dan alam yang masih asri, membuat anda betah berlama-lama di sini. Disekitar air terjun terdapat mata air Toya Anakan, yang peruntukannya sebagai tempat pengambilan air suci, untuk kegiatan upacara yadnya bagi umat Hindu di wilayah Pulau Dewata, karena itu warga setempat tetap menjaga kesucian dan kelestarianya. Mandi di bawah guyuran Air Terjun Les menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan karena bisa menghilangkan rasa lelah wisatawan setelah menempuh perjalanan panjang mencapai air terjun ini. Jika Anda tidak ingin mandi atau berbasah-basah, Anda juga bisa duduk-duduk saja di atas bebatuan di sekitar air terjun, menikmati pemandangan indah dan udara yang segar bebas polusi. Bagi anda yang berlibur dan akan menginap di sekitar objek wisata ini, anda bisa menginap di Lovina, Tulamben maupun Amed. Tapi jika posisi anda berada seputaran Denpasar, Kuta ataupun Bandara anda menuju jurusan Ubud - Kintamani, dari sini dilanjutkan menuju desa Les, lama perjalanan ini dengan kendaraan sekitar 3.5 jam. Durasi yang lumayan juga


Lokasi / Alamat Lengkap Air Terjun Les
Lokasi Air Terjun Les atau Yeh Mampeh berada di Buleleng bagian Timur, hanya 38 km dari kota Singaraja, tepatnya di desa Les, Kec. Tejakula, kab. Buleleng. Air terjun ini berada diantara Perbukitan Tangudi dan Bukit Pungsu.

Rute menuju objek wisata Air Terjun Les
Untuk mencapai Desa Les, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Jika anda berangkat dari Denpasar menuju ke Singaraja, anda dapat sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata menarik seperti Kebun Raya Eka Karya (Bedugul Botanical Garden), Air Terjun Git-Git, Pemandian Air Sanih, dan masih banyak lagi. Selain rute tersebut, terdapat juga pilihan jika anda berangkat dari Gianyar yaitu dengan melemati areal Kintamani. Rute ini juga memiliki beberapa tempat wisata menawan yang bisa anda singgahi seperti Gunung Batur dan Danau Batur, Museum Gunung Berapi di Penelokan, beberapa pura seperti Pura Penulisan dan Batur, dan lain sebagainya. Terdapat juga pilihan rute jika berangkat dari Kabupaten Karangasem melalui Tejakula.
Penasaran bukan.? Semoga anda adalah pengunjung berikutnya dan dapatkan inspirasi dan kenyamanan dalam mengisi liburan anda. Jangan lupa, jaga dan lestarikan keindahan alam yang kita miliki.

LihatTutupKomentar