-->
Lebih Dekat dengan Alam di Kebun Raya Eka Karya Bali

Bagi Anda yang tertatik dengan segala hal yang berkaitan dengan alam maka tak ada salahnya untuk mengunjungi sebuah taman botani terbesar di Bali yakni Kebun Raya Eka Karya Bali. Kebun ini berada di kawasan Tabanan dengan total luasnya saat ini mencapai 157,5 hektar. Kebun raya ini dikelola langsung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang mana secara struktural organisasinya langsung dibawah Pusat Konservasi Tumbuhan Bogor. Kebun raya ini sendiri didirikan pada tahun 1959 silam yang pada awalnya hanya diperuntukkan bagi tumbuhan runjung. Namun seiring dengan perkembangannya, kebun raya ini kemudian dijadikan kawasan konservasi tumbuhan pegunungan tropika. Kebun Raya Eka Karya Bali ini berada di ketinggian sekitar 1.450 meter diatas permukaan air laut sehingga sangat pas untuk dijadikan lokasi perkebunan tanaman tropik.  Kebun raya ini memiliki banyak koleksi yang dikelompokkan dalam beberapa kategori didasarkan pada sistem kekerabatannya. Beberapa koleksi terebut seperti anggrek, pakis, bambu, koleksi lumut, bambu, tanaman obat, tanaman air dan palma.
       Untuk Anda yang ingin kesini maka bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama satu setengah jam dari Denpasar. Sedangkan kalau dari Singaraja waktu tempuhnya hanya sekitar setengah jam saja atau 80 km. Makanya kalau ke Pulau Dewata jangan lupa untuk mengunjungi Kebun Raya Eka Karya Bali ini!

 

Koleksi Tumbuhan

Lebih dari 2100 jenis dan 18,000 spesimen tumbuhan menjadi koleksi Kebun Raya Eka Karya Bali yang berasal dari pegunungan kawasan Indonesia timur, meliputi: Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua. Tiap tahunnya koleksi ini terus bertambah yang berasal dari hasil eksplorasi, pertukaran biji antar Kebun Raya, perbanyakan tanaman dan dari pembibitan komersial. Karena keunikan Kebun yang menggabungkan unsur alam dan penataan landscape menjadikan Kebun Raya Eka Karya dapat menata koleksi sesuai dengan habitat aslinya, dari perairan, darat dan epifit.
      Kebun Raya Eka Karya secara aktif melakukan eksplorasi ke berbagai daerah terutama pegunungan Kawasan Indonesia Timur. Hasil eksplorasi ini merupakan ujung tombak penambahan koleksi yang sangat berguna bagi usaha konservasi dan restorasi. Biji dan tanaman yang dikoleksi adalah jika memiliki asal yang diketahui dan terdokumentasi, atau diimpor secara legal. Tumbuhan yang memiliki potensi infasif, polusi genetika atau membawa hama dan penyakit akan secara hati-hati diseleksi atau dievaluasi sebelum diterima.

 

Penataan Koleksi

Kebun Raya Eka Karya ditata dalam bagian yang disebut Vak yang ditulis dengan huruf angka Roman (contoh: V) dan dibagi lagi menjadi sub-vak (contoh: V.A). Tanda itu dituliskan pada tugu kecil dari beton yang dicat hijau. Masing-masing tanaman akan diberi nomor unik dalam bentuk papan nama, meliputi nama ilmiah, asal tanaman dan nomor akses yang berhubungan dengan database. Tiap tumbuhan digolongkan menurut sukunya yang mencerminkan hubungan kekerabatannya, dari tumbuhan paku, tumbuhan biji sampai tumbuhan berbunga.

 

 

 

Koleksi Khusus

Selain koleksi umum diatas, koleksi khusus juga dikembangkan berdasarkan tema atau kekhasannya. Koleksi khusus ini adalah anggrek, kaktus, begonia, tumbuhan paku, tumbuhan air, tumbuhan obat, tumbuhan upacara adat dan mawar. Koleksi khusus ini ditempatkan di dalam rumah kaca dan/atau ditata dalam gaya pertamanan yang unik.

 

 

 

 

 

 

 

Akses

Kebun Raya Eka Karya Bali dapat dicapai dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Angkutan umum tidak disarankan karena tidak terjadwal dan sedikit.
Jarak dari Denpasar sekitar 60 KM dan dari Kuta sekitar 80 KM ke arah Singaraja dan sebaliknya dari Singaraja 30 KM ke arah Denpasar.


Jam Buka dan Biaya

Kebun Raya Eka Karya Bali buka setiap hari dapi pukul 08.00 - 18.00 WITA, kecuali pada hari besar Nyepi Kebun Raya tutup. Beberapa area seperti anggrek, kaktus dan begonia akan tutup lebih awal karena alasan keamanan.

Biaya masuk adalah sebagai berikut :

No
Uraian
Harga Rp (IDR)
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Tiket pengunjung Domestik
Tiket pengunjung Asing
Tiket parkir roda 2
Tiket parkir roda 4     
Tiket parkir roda 6
Tiket mobil masuk
7,000
18,000
3,000
6,000
12,000
12,000
* Termasuk asuransi PT. Jasaraharja Putera dan kontribusi ke Pemda Tabanan.

Siapa yang tidak tertarik untuk mengunjunginya. Jaga dan lestarikan keindahan alam yang ada di negeri ini.

Untuk lebih mengenal lebih jauh dan mendapat informasi yang lebih jelas silahkan kunjungi website di / sumber : www.kebunrayabali.com


LihatTutupKomentar