-->
Air Terjun Tertinggi di Bali, Air Terjun Carat

Selan air terju Les, Gitgi, dusun dan air terjun Kuning, bali juga memilki Air terjun yang tidak kalah menariknya yaitu Air Terjun Carat, air terjun ini adalah air terjun yang paling tinggi yang ada pulau Bali, letaknya di Desa Tambalang Kecamatan Kabutambahan Kabupaten Singaraja atau berjarak sekitar 85 km dari kota Denpasar Bali. Diberi nama Carat karena air terjun ini seperti caratan atau kendi tempat air minum jaman dulu. Banyak masyarakat di sana menyatakan bahwa tempat ini sedikit angker juga. Diharapkan untuk tidak berkata-kata kasar atau merusak apapun di sekitarnya. Air Terjun Carat ini masih benar-benar alami, belum mendapat sentuhan pariwisata sama sekali. Tidak ada bangunan apapun di sekitar air terjun. 
Air Terjun Carat memiliki dua buah air terjun yang besar tinggi dan air terjun kecil, namun wisatawan hanya bisa mencapai air terjun yang kecil, air terjun kecil memiliki ketinggian sekitar 4 meter, wisatawan dapat menikmati bahkan mandi di air terjun yang kecil. Sedangkan air terjun yang tinggi dan besar memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan dikelilingi oleh tebing yang tinggi dan terjal, sehingga air terjun yang tinggi ini wisatawan hanya dapat menikmatinya dari kejauhan, dikarenakan untuk mencapai lokasi air terjun yang tinggi ini sangat sulit disebabkan kondisi jalan yang curam sehingga sangat membahayakan. Posisi Air terjun yang tinggi berada di tebing yang sangat terjal dan dalam, bila wisatawan ingin mengabadikan dengan cara memotretnya wisatawan dapat menuju kesebuah lokasi dengan cara mengikuti arah pipa-pipa hingga tiba disebuah tempat dibawah tebing batu yang sangat tinggi dan terjal mirip dinding. 
      Akses Jalan masuk ke air terjun ini terletak di pinggir jalan raya Kintamani-Singaraja via Kubutambahan. Setiba di Desa Tamblang akan dijumpai plang nama dan penunjuk yang terpampang cukup besar di sebelah kanan jalan ke arah air terjun berada. Jarak dari plang ini ke lokasi air terjun sekitar ± 600 meter atau 15 menit waktu tempuhnya. Selanjutnya untuk menuju air terjun tersebut dilakukan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dengan terlebih dahulu melewati jembatan (titi) yang terbuat dari anyaman bambu di atas aliran sungai kecil, lalu perkebunan penduduk yang banyak ditumbuhi cengkeh dan kopi. Dari Kota Denpasar anda dapat berkendara menuju Gianyar atau Kintamani, setelah sampai kintamani wisatawan dapat meneruskan perjalanan mengarah Singaraja melalui rute kubutambahan sehingga tiba di desa Tamblang dan melihat papan penunjuk arah ke Air Terjun Carat. Selanjutnya wisatawan tinggal berjalan kaki sejauh 600 meter menuju lokasi air terjun carat. Untuk mencapai lokasi air terjun carat, wisatawan memerlukan semangat dan tenaga, karena jalan yang dilewati cukup sulit. Wisatawan harus melewati jembatan kecil yang terbuat dari bambu, melewati jalan setapak diantara perkebunan cengkih dan kopi. Ketika semakin mendekati lokasi air terjun, jalanan semakin sulit dengan track menurun dan curam serta berliku dengan tebing-tebing terjal disebelah kiri. 
       Itulah sekilas informasi kondisi Tempat Wisata Air Terjun Carat, apabial anda berkunjung ketempat ini, jagalah kebersihan dan keindahan alam ini. 

LihatTutupKomentar