-->
Pesona Danau Buyan di Pulau Dewata Bali
Danau Buyan adalah salah satu danau yang terletak di kawasan wisata Bedugul. Lokasi danau ini berdekatan dengan Danau Tamblingan dan Danau Beratan. Walaupun ketiga danau ini lokasinya berdekatan, Buyan adalah danau yang paling besar. Berbeda dengan objek wisata danau lainnya di objek wisata ini sama sekali tidak ada fasilitas untuk wisatawan karena danau ini memang sengaja ingin mengedepankan suasananya yang masih alami. 

Lokasi 
Objek wisata danau yang masih alami ini berada di kawasan Pancasari, Sukasada, Buleleng. Lokasinya berdampingan dengan Danau Tamblingan yang hanya dipisahkan oleh kolam kanal dan saling terhubung. Masyarakat setempat menamai kolam kanal ini dengan sebutan Telaga Aya.


Wisata 
Sebagian tepi danau berupa hutan dan sisanya merupakan lahan pertanian. Masyarakat setempat memanfaatkan lahan tersebut untuk menanam berbagai macam sayuran dan buah – buahan, salah satunya adalah stroberi. Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan danau ini lebih lama dapat mendirikan tenda di kawasan bumi perkemahan yang ada di sebelah selatan danau atau di depan Pura Ulun Danu.
       Berwisata ke Danau Buyan sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat. Bagi Anda yang gemar memancing, danau ini juga cocok untuk menyalurkan hobi memancing Anda. Anda dapat memancing di tepi danau yang ada di depan pura. Selain memancing, aktivitas yang banyak dilakukan oleh wisatawan di kawasan ini adalah bersepeda dengan sepeda gunung atau off road menggunakan ATV atau mobil 4 x 4 di jalan setapak di kawasan hutan.
       Bagi wisatawan yang datang dengan anak – anak, Anda dapat mengajak buah hati Anda memetik stroberi. Para petani yang menanam stroberi di kebun sepanjang jalan menuju ke Pura Ulun Danu melayani wisatawan yang ingin memetik dan membeli stroberi langsung. Setelah stroberi dipetik, stroberi akan ditimbang dan dibayar sesuai dengan beratnya. Harga stroberi di kawasan Danau Buyan cenderung lebih murah daripada di pasar. Harganya berkisar antara Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu, tergantung musim. Selain itu, buah stroberi yang langsung dipetik dari pohonnya juga jauh lebih segar.

LihatTutupKomentar